Protokoler

Hari ini aku menghadiri acara perkenalan untuk protokoler baru. Aku memang menginginkan menjadi seorang tim protokoler, agar aku bisa belajar tampil di depan umum, tidak pemalu lagi, lebih percaya diri dan punya banyak teman. Senang rasanya bisa bergabung disana. Duniaku lebih berwarna, tidak memulu memikirkan pekerjaan yang menumpuk, setidaknya bisa refreshing, tidak di depan komputer terus.

Kebetulan yang masuk tim protokoler ini adalah teman-temanku se-gank, dalam arti lain seangkatan. Untungnya teman-teman seangkatan ini kompak, saling mendukung. Mudah-mudahan kami akan selalu begitu. Kompak dan selalu ceria. Jika bersama mereka, aku merasa menjadi diriku sendiri, bisa lepas dan bebas mengekspresikan diri. Kalau di kantor aku merasa lebih “jaim” karena lingkunganku notabene ibu-ibu dan bapak-bapak. Sedangkan pegawai seusiaku, berbeda gedung, sehingga jarang sekali aku bertemu mereka, hanya pas absen saja.

Ya mudah-mudahan dengan bergabungnya aku di tim protokoler ini, aku bisa lebih mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

33 comments on “Protokoler

  1. selamat bergabung di dunia tanpa batas sobat…menjadi petugas protokol bukanlah suatu pekerjaan yang amat mudah. perlu penjiwaan dan penghayatan yang mendalam terhadap tugas dan fungsi serta arti protokol itu sendiri. tapi yakinlah anda akan meraih prestasi di masa depan melalui protokoler. eh jangan lupa… dalami dulu UU no. 8 th. 87 dan PP no. 62 th. 90. good luck

  2. Yang menjadi petugas protokoler merupakan orang pilihan. Salah satu syaratnya harus murah senyum. tapi bukan berarti harus senyum-senyum sendiri, hehehe. syarat lain menjadi protokoler harus ramah dan berwawasan luas serta mempunyai kemampuan berbahasa asing. Protokoler merupakan duta daerah, sehingga kalau pelayanan protokoler baik, maka daerah itu akan baik pula

  3. Terimakasih dukungannya, mudah-mudahan saya bisa menjadi anggota protokoler yang baik, profesional. Ada yel yel protokol kami : Senyum Siap Semangat Go Go Go… :)

  4. Protokoler diharapkan mampu bekerjasama dengan tim…tapi sayang, banyak orang berpendapat bahwa duduk dibagian protokol justru tidak berkembang krn sifatnya hanya pelayanan teknis, mejeng, atau sekedar mendampingi pejabat kemana-mana, dan diantara tim saling bersaing…otak ga dipake untuk berpikir??smentara buat yang berjiwa muda, energik dan suka bergaul lebih cocok disana , toh tidak selamaya kita akan duduk didunia itu … Selamat bekerja.. akupun juga lagi bingung diantara 2 pilihan menjadi staf protokol atau yang lain…

  5. Protokoler adalah serangkaian aturan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sehubungan dengan jabatan/kedudukan seseorang dalam negara, pemerintahan dan masyarakat.

  6. wah kita sama nih..sama-sama baru di dunia keprotokolan. tapi…bedanya kamu enjoy di lingkunganmu yang baru ini. Aku sih sebenarnya seneng juga dipercaya untuk bergabung dengan tim protokoler,sebab disini aku belajar untuk bisa lebih percaya diri untuk tampil di depan orang banyak, tapi terkadang aku merasa tertekan sebab aku tidak bisa mengekspresikan jati diriku yang sebenarnya. aneh ga sih kalo ada protokoler jilbaber?

  7. ehm g juga lah, disini jg ada beberapa yg jilbaber termasuk aku :)
    Coba di senangi aja, itu kayaknya bisa bantu buat gak merasa tertekan lagi.

  8. Salam kenal,
    Aku bernama Sandy.
    Aku ingin berkawan dengan Anda agar Aku bisa menyontoh semangat Anda.
    Kalau tidak keberatan silahkan hubungi Aku di
    08176549169 atau 98879869
    Terima kasih
    Salam hangat.

  9. First of all, salam kenal dariku. aku juga sedang dalam tahap pemilihan menjadi seorang protokoler dalam sebua acara wisuda di kampusku. Harapanku jelas aku ingin sekali bisa terpilih.Sebenarnya apa sih yang harus kita siapkan matang-matang supaya bisa menjalankan tugas dengan baik sebagai seorang protokoler ?

  10. bisa bekerjasama dalam tim, itu sangat penting sekali dalam menjalankan tugas di acara wisuda. Satu hal lagi, komunikasi yang baik.

  11. kk.. mw nanya donk..

    caranya buat jadi tim protokoler gmana ya ?

    apa ada oprec nya?

    trus syarat2 nya apa aja?

    sya cukup tertarik untuk ikut jadi tim protokoler stlah melihat tman saya..

    terima kasih..

  12. lam kenal buat semua,,

    baca semua massage saya baru sadar kalau mungkin saja pengalaman jadi protokoler di rumah sendiri (indonesia) dengan pengalaman dangkal saya jadi protokoler di luar rumah sedikit banyaknya berbeda. terima kasih jika bersedia bertukar pegalaman dengan saya.

    thank’u before.
    wayang_08@yahoo.com.sg
    protocollar for midle east

  13. d uwks(universitas wijaya kusuma surabaya) ad suatu unit kegiatan mahasiswa(ukm)-protokoler.,klo pengen gabung ato krja sama silahkan dtg d UWKS SC Lt.3

  14. mbak win…salam kenal..saya juga saat ni sedang berganbung dengan korps protokoler mahasiswa unpad..bener mbak..banyak banget pengalaman yang saya dapet setelah tahu tentang protokoler dan menjadi tim protokol mahasiswa. banyak senior saya yang berhasil karena dalam cv tercatat sebagai tim protokol mahasiswa…

    sebagai protokol saya jadi terbiasa menempatkan diri dan mempengruhi bahasa saya ketika beromunikasi dengan orang-orang di sekitar kita…

    oya mbak win kalo ingin kenal dengan unit kegiatan mahasiswa Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Padjadjaran, bisa kunjungi situs : http://www.kpmunpad.com

    semangat untuk protokoler di Indonesia ^_^

  15. Hai….
    Nama saya Puji Nur Firman
    Alhamdulillah berkat dukungan dari semua pihak dan bantuang KPM Unpad, Saya bisa mendirikan Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (KPMK UPI)

    Penugasanya dah banyak banget….
    Mulai dari penugasan Universitas, Negara, bahkan Internasional…

    wawasan dean pengetahuan kita makin bertambah….

    Gabung gabung info info ya…….

  16. makasi ya teman2…aq mank lagi cari kata prokoler, tapai gak ketemu2..akhirnya dapat juga!!!soale aq lagi interview buat posisi protokoler….

  17. Asslm,,,
    Salam kenal buat semua. Namaku Deden Achdiat dari KPM (KORPS PROTOKOLER MAHASISWA) UNIVERSITAS KUNINGAN. Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dengan ikut menjadi agg. Protokoler. Mdh2an bisa bermanfaat di kemudian hari.,,

  18. Hai..temens, kalau saya seh…sebenarnya udah lama banget berkecimpung di keProtokoleran. Waktu itu, saya masih bekerja di Publlic Relations salah satu BUMN. Trus pindah ke SDM, Marketing, balik lagi ke PR dan sekarang ngajar (termasuk ngajar Komunikasi, Protokoler, Marketing, dll). Wah…senang neh.. bisa kenalan.

    Salam,
    RS

  19. hi..salam kenal…
    saya indry, senang banget bisa ketemu orang2 yg berkecimpung di dunia protokol. kebetulan saya sedang menganalisa dan mengevaluasi UU No. 8 Th. 1987 tentang Protokoler, kegiatan ini apakah UU No. 8 tersebut masih layak dipakai atau tidak mengingat perkembangan zaman dan banyaknya permasalahan dilapangan yg sudah sangat luas. bisa kasih masukan ke email ku di ims_bphn@yahoo.com
    ditunggu ya. Thx

  20. hi salam kenal. saya lia . apakah ada tulisan atau teori yang bisa saya baca dan jadikan rujukan untuk jadi protokoler.
    salam
    lia adrian

  21. wah..seneng bisa kenalan dan berbagi ilmu dengan orang2 protokoler, seperti kita tahu bersama dunia protokoler ga ada habisnya, ada aja “pernak pernik” nya. Semoga tukar menukar ilmu protokol tdk hanya sebatas teoritis, meskipun sudah baik, tetap protokoler adalah pekerjaan yang sifat pembelajarannya BY DO, bukan BY BOOK! Pernah dengar istilah protokoler yang ini : when we do the right thing, no one remembers. But, if we do the wrong thing, no one is forgotten..!

    Salam Kenal.. Tetap Semangat, Protokoler!

  22. Pelatihan Tata Cara Protokol dan Pembawa Acara untuk Kegiatan Instansi akan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 26-28 November 2013 bertempat di kampus SEAMEO BIOTROP, Jalan Raya Tajur, Km. 6, Bogor. Pendaftaran diterima paling lambat tanggal 23 November 2013 dengan mengirimkan formulir pendaftaran ke:

    General Administration and Public Relations Department
    SEAMEO BIOTROP
    Jl. Raya Tajur, Km. 6 Bogor 16134
    Telepon 0251-8323848 ext. 100, Fax. 0251-8326851
    Email : bio_event@biotrop.org

Leave a Reply

