Belajar Sabar dan Ikhlas

Suasa hati saat ini sungguh tidak enak, sedih, melo banget..Pertama, sahabatku bercerita masalah pelik yang tengah dihadapi suaminya, suaminya terkena ancaman pidana karena dianggap menjual aplikasi perusahaan tempat dulu kami bekerja, suaminya itu temanku juga, orangnya pinter. Dan aplikasi itu memang dia yang buat. Kemudian dia pindah kerja dan membuat aplikasi dengan topik yang sama. Karena satu otak yang membuat, otomatis cara codingnya pun sama. Hanya berbeda di bentuk tampilan luar saja. Perusaahan tempat temanku bekerja ini berhasil mengungguli perusahaan kami yang dulu, sehingga big boss-nya marah besar karena nilai proyek itu sangat besar. Sahabatku yang jadi istrinya tentunya khawatir, jika suaminya akhirnya kalah dalam kasus ini. Karena kasusnya di Papua, jikalau suaminya di penjara pun, kemungkinan disana. Entah dengan cara apa aku membantunya.

Kedua, sahabatku yang lain bercerita, kalau dia baru putus sedangkan orang tuanya sudah mendesaknya untuk segera menikah. Aku sarankan padanya untuk mencoba mempertimbangkan laki-laki yang pernah melamarnya. Ternyata sahabatku sudah menghubungi laki-laki itu, dan jawabannya bahwa dia sudah mempunyai pilihan hatinya. Subhanallah, memang rejeki, jodoh dan kematian semua hanya kuasaNya.

Sahabat-sahabatku, mudah-mudahan kejadian ini bisa membuat kita bertambah kuat untuk menghadapi kerasnya kehidupan ini, membuat kita lebih bersahabat dengan sabar dan ikhlas, membuat kita lebih dewasa, dan menambah kedekatan kita denganNya. Curhat padaNya di sepertiga malam insyaallah semua dapat kita lalui dengan baik.

Dewa – Hadapi Dengan Senyuman


Hadapi dengan senyuman
Semua yang terjadi
Biar terjadi….
Hadapi dengan tenang jiwa
Semua… kan baik baik saja

Bila ketetapan Tuhan
Sudah ditetapkan
Tetaplah sudah….
Tak ada yang bisa merubah
Dan takkan bisa berubah

Reff
Relakan saja ini
Bahwa semua yang terbaik
Terbaik untuk kita semua
Menyerahlah untuk menang

Repeat from top

39 thoughts on “Belajar Sabar dan Ikhlas

  1. Untuk teh winda, artikel tentang Belajar Sabar dan Ikhlas sangat bagus, dan aku dapat mengambil contoh untuk mengarungi kehidupan yang keras ini. Memang tak bisa dipungkiri rasanya sangat berat apabila kita harus selalu tersenyum sedangkan kita sendiri sedang mempunyai masalah yang sangat rumit, mungkin kunci dari semua itu hanya sabar dan ikhlas.

    Thank’s for teh winda, your is the inspiring woman.

  2. sabar..sabar..sabar..dan pasrah..itu syarat utk bisa belajar ikhlas….semua masalaah pasti ada jalan keluarnya, berpikir positif itu syarat menjadi bijaksana ….

  3. saya sedang belajar sabar juga nih, sabar nunggu dilamar krn kita udah 2,5 tahun pacaran, semoga ga lama lagi ya amin… doakan saya ya…. :)

  4. Saya orang yang ingin belajar sabar . .

    Rasanya sulit sekali tersenyum dalam pedih, kadang saya memandang tipis (antara sabar dan mendekati tidak waras) . .
    Apalagi orang seperti saya mudah tersinggung dan emosional . .

    Saya butuh saran dari semua . .
    Terima kasih . .

  5. Subhanallah..,
    Sabar itu bukan Pasrah…,
    Sabar itu adalah Mencari jalan ter”Santun” agar keluar dari Masalah….
    Masalah itu adalah Berkah…
    Masalah itu adalah Proses Menuju Kearifan….
    Adukan Masalah Anda pada ALLAH,
    Tiada Masalah tanpa jalan keluar..
    Sharing pada Sesama adalah altenatif membuka Hati
    Semoga Manfaat.
    ADI SAR, tujuanku@gmail.com

    • Brat bnget rsa’y saa’t ini bgi aq tuk sabar….yh ALLAH kwat kn hmba mu yng lmah ini…hmba bnggng hdapi smua ini….hmba bluy kwat wahai rabby…

  6. betul bahwa semua masalah itu mesti kita adukan pada ALLAH tapi terkadang saya kok malu mengadukan masalashi ya, apa iman saya terlalu lemah atau gmn ya?

  7. amin..semoga kita semua bisa menjadi orang yang sabar dan ikhlas…namanya berserah diri…
    Jangan malu mengadukan segala hal kepada Allah SWT, karena Allah suka sekali diminta oleh hambaNya.. :-)

  8. thanks buat saran dan referensi blog nya
    Insyallah bs kuat, mmg sudah lama ak merindukan suasana pelukan Tuhan di sepertiga malam..
    rupanya masalah ini menyadarkan ak..
    skali lagi terima kasih

  9. saat menghadapi masalah,, saya merasa bahwa saya adalah orang dengan masalah yang paling berat (untuk tersenyum saja rasanya sangat sulit),, tetapi setelah membaca kisah di atas dan saran2 yg diberikan, baru saya sadar,,,, bahwa banyak orang yang punya masalah sama atau lebih berat dari saya,,, tetapi bisa dan mau mencoba tersenyum,, kenapa saya tidak????

    saya akan coba !!! terima kasih semua,, subhanallah…

  10. sabar..sabar dan iklas sy lagi belajar utk itu setiap ada masalah menghimpit tarik nafas pjng tersenyum dan bismilah gue pasti bisa

  11. Belajar sabar + ikhlas susah banget..
    Tapi bwd ak, kalo nggak dimulai dari kemauan dri kapan lg…
    Sabarrr……………
    Thx mb..

  12. Susah bgt bwt Ikhlas + Sabar,,
    Pa lg klo hati udah teramat skit…
    Tp ak coba Sabar aja nerima smw nie..
    Semua kn indah pd waktunya..
    Amiinnn..

  13. saya juga sedang belajar untuk sabar dan ikhlas teh, baru dapet kabar bpk mertua msk rumah sakit, eh tadi pagi dpt kabar lg klo mbah meninggal… Semoga bpk cpt diberikan kesembuhan, dan mbah diterima di sisi Allah SWT.. Amin YRA

  14. sabar…yah sabar,,,, itu kata yg sangat sulit tuk kita lakukan…. tapi dengan sabar kita akan mendapatkan kasih sayang Allah,,,,, apakah aku sanggup menghadapi masalah aku ini…??? hanya A llah yg tau…

  15. Alhamdulillah, sat ni aq pun sdg brusaha sbar mnunggu bayi q d RSU. Smga dgn sbar ni bisa mbantu nya untk tambah baik lg

  16. Sabar …., sepertinya menjadi makananku setiap hari. Sabar …. bagaimana supaya kita bisa lebih bersabar dan bersabar, lapang hati dan ikhlas …???

  17. saya juga lagibelajar sabar dan ikhlas…
    pertama,,sy sdg penyembuhan patah tulang..dan disaat skrg,pacar sy malah meninggalkan sy dan selingkuh dgn wanita yg lebih sgalany dari aku….
    tiap malam masi terasa lukany…
    tp smoga sy kelak bisa lupa dgn hal2 yg menyakitkan dan lebih mikirin Alloh

  18. Saya jg lagi blajar sabar menghadapi pahit n getir nya kehidupan bagi saya yg kurang bepunya., skrg ibu lg sakit, ayah jg skit diabet,,,sedangkan untuk biaya sehari hari aja kdng ngak cukup di tmbah lg unt biaya pengobatan,..hanya allah yang tauh apa yg saya rasakan, semoga ada hikmah dibalik semua ni,,,

  19. pg smuae,,,,ble tnya kh cam mna nak terima mslh dengan ikhlas,,,dan cm mna nak lpa kn ssorg yg tlh tngl kta,,yg prgi mnctai org lain,,,,dad tip nak terima hakikat ne ker??/

  20. hari ini saya bner* stres bnget , banyak masallah , dri mulai msalah keluarga , sahabat , sampe pacar ada di sini masalah :( ya awlloh kesabaran ini rasa.a sudah terkuras habis , saya merasa kalo hari ini saya adalah orang yang sangat tidak berguna di dunia ini :( ya awloh saya sudah merasa kalo saya ini sudah tak mampu hdup lagi :( terlalu berat beban yang saya rasakan :'(

  21. kesabaran adalah kekuatan untuk berlaku tenang dalam penantian, itu berarti, siapa pun yang bisa bersabar, haruslah mengetahuai dengan jelas apa yang ditunggunya….

  22. belajar sabar… biarpun sulit tapi haruz dicoba… tidak mungkin tuhan mengasih kita ujian yg terlalu berat sesuai dng batasan kita…. jadi tetap berpikiran jernih jng smpe kebawa emosi….

  23. Like this… !!!!
    Semoga saya bisa belajar utk sabar.
    Sebelumnya saya punya pacar yang sabar, 3 tahun menjalani hubungan kami jarang bertengkar. Semua yg ada padanya adalah hal yg sangat saya sukai. hingga Allah memisahkan kami.
    Dan sekarang saya dihadapkan dengan calon suami yang berbeda 180 derajat. Temperamental, suka tebar pesona pd orang lain, cuek.

    Namun, saya berusaha ambil hikmahnya. jika tdk diuji dgn hal tsb mungkin sy jadi perempuan biasa2 saja. Tidak pernah memperoleh kesempatan utk belajar SABAR.

  24. roda bisa berputar ada kala’a kt di atas / ada kala’a kt hrs di bawah semua tu kt hadapi dg sabar dan tak henti2’a kt bersyukur memohon kpd allah dg diberi kesehatan dan berdo’a biar diberi kmudahan dlm melangkah mencari kbaikan tuk masa dpn kt didunia /diakhirat allah wajala maha pemurah ,pengasih lagi maha penyayang,dia akan memberikan yg trbaik bt umat’a asal kt mau berikhtiar dan beribadah menurut ajaran’a,tun semua mungkin cobaan dri tuhan ambil hikmah’a hari ni kurang beruntung mungkin esok/lusa akan mendapatkan yg lbih baik dri hari kmren..

  25. BELAJAR SABAR

    Belajarlah sabar sebagaimana sabarnya ulat yang menanti menjadi kepompong, begitupun sang kepompong harus bersabar sebelum menjadi seekor kupu-kupu yang indah.

    Belajarlah sabar sebagaimana sabarnya kaktus yang bertahan di padang pasir yang panas, sabar untuk menanti mekarnya kuncup bunga sebagai penghiburnya.

    Belajarlah sabar sebagaimana sabarnya bumi menanti hujan yang turun dari langit, sabar untuk menumbuhkan biji-bijian dalam perutnya.

    Sabar… bukan berarti lemah, bukan pula berarti kalah.
    Justru sabar adalah benteng keselamatan dari keputusasaan
    Sabar berarti tawakal atas segala ujian.

    “Tidaklah seseorang mendapatkan pemberian yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran.”
    (HR. Bukhari dan Muslim).

Leave a Reply

