PEKAN RAYA JAKARTA 2008

Jakarta Fair pada tahun ini kembali akan digelar di Arena Pekan Raya Jakarta Kemayoran pada 12 Juni hingga 13 Juli mendatang. Pameran yang telah memasuki penyelenggaraan ke 41 kalinya ini mengusung tema ”Melalui Jakarta Fair, Marilah Kita Saling, Mengisi, Memperkokoh, Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia”.

PRJ 2008 merupakan event promosi produk ke pasar domestik berbagai hasil industri strategis dalam  rangka  peningkatan  penjualan   produk-produk   dalam negeri yang berskala internasional.

Di PRJ ini telah dibuat beberapa zoning. Hall A akan diisi oleh produk seperti furniture, karpet, interior building material, asesoris furniture dan lain-lain. Hall B dan C diisi oleh stand dari Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Daerah se Indonesia , BUMN serta media massa . Hall D akan diisi oleh aneka produk mulai dari perbankan, elektronika, telekomunikasi, alat kesehatan, alat olahraga, kosmetika dan lain-lain. Hall E oleh stand fashion, handycraft, babies & kids, perlengkapan sekolah, buku dan media massa sedang Open space akan diisi oleh branded products seperti stand otomotif, rokok, makanan, serta minuman.

Tersedia pula berbagai fasilitas umum seperti layanan perbankan dari Bank BCA, Bank DKI, Bank Mandiri, Bank BNI termasuk sarana ATMnya tersedia di lokasi Jakarta Fair Kemayoran. Sehingga memudahkan bagi para pengunjung untuk melakukan transaksi.

Ratusan artis papan atas dari berbagai aliran musik juga telah siap menghibur para pengunjung non stop selama 32 hari penyelenggaraan dalam JIExpo Music Concert di Panggung Utama. Mereka yang akan tampil antara lain, Kerispatih, D-masiv, Project Pop, Dewa, GIGI, Ada Band, Bunga Citra Lestari, Sheila on Seven, Ari Lasso, Slank, Cokelat, Naif, Dewi Persik, Trio Macan, Inul Daratista, Wong Telu, dan lain-lain.

Bagi mereka yang menggemari kesenian tradisional, bisa menemuinya di panggung budaya di Arena Gambir Expo. Di panggung yang dihiasi dengan replika candi Borobudur ini, akan diselenggarakan pula acara pemilihan Miss Jakarta Fair 2008 yang telah memasuki penyelenggaraan yang ketiga kalinya. Bagi anak-anak juga tersedia arena Fun World yang terdiri dari berbagai arena permainan.

Sama seperti tahun sebelumnya pengunjung akan menggunakan sistem smart card sebagai tanda masuk. Dengan harga tanda masuk sebesar Rp 15.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Rp 20.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk Hari Senin hingga Kamis Jakarta Fair akan buka mulai pukul 15.30 hingga 22.00, pada hari Jumat dari pukul 15.30 hingga 23.00. Sedang untuk Sabtu dan Minggu pameran ini dibuka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB. ( www.jakartafair.biz )

Pada tanggal 14 Juni 2008 adalah pertama kalinya aku ke PRJ, walau pernah tinggal di Jakarta +- 4 tahun, selalu saja ada halangan untuk ke PRJ, tugas ke daerah, kerjaan deadline dan lain-lain. Aku beserta orangtuaku dari Bandung menggunakan kereta Argo Gede dan tiba di Statiun Jatinegara pukul 13.30 wib dan kemudian dijemput adikku sekitar pukul 14.30 wib. Dari Jatinegara kami langsung meluncur ke kemayoran, disana sepanjang jalan terdapat banyak penjual Kerak Telor yang katanya makanan ini memang mudah didapat pada saat PRJ berlangsung.

Ramai juga pengunjungnya, walau hujan terus mengguyur Jakarta, tapi semakin malam pengunjung semakin banyak. Tak lama kami disana, sampai pukul 20.00 saja karena ortuku kecapaian, pulangnya tak lupa aku membeli kerak telor. Harganya Rp 12.000. Entah apa yang membedakan karena di lain tempat ada yang menjual dengan harga Rp 5.000 – Rp 10.000.

Minggu, 15 Juni 2008 aku baru kembali ke Bandung dengan Kereta Parahyangan, karena Argo Gede terlalu sore. Dan hujan pun masih mengguyur Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s