Influenza di Pergantian Musim

Akhir-akhir ini cuaca kota Bandung tidak menentu, kadang terasa panas kadang terasa dingin, kadang cerah kadang mendung, kadang terik kadang hujan. Pergantian cuaca ini membuat banyak orang di sekitarku mengalami gejala flu. Penyakit yang satu ini memang jarang menyebabkan kematian, tetapi bisa sangat menggangu pekerjaan. Seperti aku saat ini yang mulai terserang gejala flu. Dari kemarin bersin-bersin, hari ini di tambah demam dan hidung tersumbat, ditambah dengan sakit gigi karena gigi gerahamku yang paling ujung mau tumbuh. Ehm..nikmat banget🙂 .

Dari hasil browsing, nama influenza sendiri berasal dari Italy, dari abad ke-15. Nama ini diberikan untuk menandai penyebabnya, yang waktu itu dianggap sebagai akibat dari pengaruh nasib yang tidak baik (unfavourable astrological influences). Seiring dengan perkembangan di dalam dunia kesehatan, istilah ini kemudian dikembangkan menjadi influenza di freddo, yang berarti “pengaruh cuaca dingin” (influences of the cold).Istilah ‘influenza’ kemudian pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1743, untuk menyebut nama wabah yang menyerang Eropa ketika itu.

Gejala-gejala influenza ini antara lain demam, radang tenggorokan, sakit sendi, sakit kepala, batuk, daya tahan tubuh yang melemah, pilek, dan kelelahan.

Maka sebelum influenza ini menyerang, lebih baik kita melakukan langkah pencegahan yaitu dengan istirahat yang teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jika sudah terkena flu, maka sebaiknya perbanyak istirahat, banyak minum dan makan makanan bergizi, hindari minuman beralkohol dan merokok.

Jika sudah mengalami gejala agak parah seperti demam tinggi dan nyeri sendi, rasanya minum obat parasetamol tidak ada salahnya (walaupun tanpa obat-obatan kimia lebih baik) untuk mengurangi rasa sakit.

Lebih baik mencegah daripada mengobati ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s