Tips Supaya Rajin Menabung

Menabung itu susah susah gampang, aku termasuk orang yang boros, susah banget untuk menabung, tetapi akhirnya aku bisa memaksa diri aku untuk menabung. Menurut pengalamanku tipsnya adalah :

1. Pahami betul manfaat dari menabung.

Kehidupan kita tidak selalu berada di atas, terkadang tanpa disangka-sangka kita memerlukan biaya yang cukup besar, misalnya karena harus masuk rumah sakit, kena PHK, apalagi bagi yang sedah berkeluarga pasti lebih banyak lagi biaya tidak terduganya. Jika kita tidak punya tabungan, tentu akan panik dan bingung dari mana biaya semua itu harus dibayar. Setidaknya jika punya sedikit tabungan, hati kita lebih tenang.

2. Niat yang kuat

Kalau tidak ada niat yang kuat, seringkali kita tergoda dengan sifat konsumtif. Pengen beli ini itu, ada saja alasan untuk membeli barang yang kita inginkan.

3. Bedakan keinginan dan kebutuhan

Jika sifat konsumtif sudah mulai menggoda, tanyakan pada hati nurani kita, yang kita inginkan itu kebutuhan atau keinginan. Menurut Ahmad Gozali:

Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.

Sedangkan keinginan adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.

4. Konsistensi, lebih baik sedikit-sedikit namun terencana daripada sekali tabung banyak, lalu berhenti, lalu langsung diambil banyak.

5. Kontrol diri yang ketat. Kalau ingin menabung dengan baik kita harus bisa hemat. Harus tegas terhadap pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, terutama pada diri sendiri.

Mudah-mudahan dengan tips diatas bisa membantu teman-teman lagi lagi ingin menabung. Atau ada yang mau menambahkan tips yang lainnya ?

 

14 thoughts on “Tips Supaya Rajin Menabung

  1. kalo tmen gw sih katanya dia suka bikin tabel tabungan, jd dia harus rutin ngisi tabel itu.
    bgus juga tuh caranya , soalnya progres tabungannya jadi keliatan dan bikin tambah smangat buat menabung .

  2. saya pernah baca di sebuah artikel juga
    setiap kali menyisakan lembaran 20rb di dompet dan lembaran 20rb itu di tabung ke sebuah celengan dalam jangka panjang
    lalu ada juga yang dengan cara menyebarkan uang yang lembaran maupun koin di dalam rumahnya, jadi setiap kali akan beres-beres dan ketika menemukan uang itu lalu mereka tabung kembali
    smoga bisa jadi tips juga🙂

    ——————————–
    Supplier Tas Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s