Belajar Tentang Syukur

Pagi ini aku memperoleh satu pelajaran penting, yaitu SYUKUR. Seringkali aku tidak puas dengan hal kecil yang sudah Alloh berikan untuk aku, kenapa begini, kenapa begitu, aku gak mau begini, aku gak mau begitu, semua hanya berkeluh kesah.

Tadi pagi sewaktu aku naik angkot menuju kantor, aku lihat ada seorang ibu dengan anak perempuan batita. Anaknya cantik dan lucu. Sekilas tidak ada yang berbeda dari ibu itu. Karena mereka duduk tepat di depan aku, aku baru menyadari ternyata sang ibu itu tuna netra. Entah apa yang menyebabkan ibu itu tidak bisa melihat, karena bukan seperti tuna netra yang dari lahir.

Yang buat aku terenyuh yaitu saat ibu itu bertanya pada anaknya yang masih berusia sekitar 2-3 tahun, “Sayang, ini sudah sampai belum”. Dan si anak itu pun dengan polos menjawab “Belom mamah, bental lagi, blom banyak becaknya”. Beberapa kali ibu itu bertanya pada anaknya pertanyaan itu, setiap ada penumpang yang diangkot turun.
Akhirnya di depan suatu jalan yang banyak becaknya, adik kecil itu bilang “Mamah udah sampai, udah banyak becaknya”. Ibu itupun mengucapkan terimakasih pada putrinya. Kemudian bertanya pada supir angkot apakah ini jalan X. Supir dan aku pun menjawab benar. Akhirnya mereka turun. Aku membantu mereka turun dari angkot, dan anak kecil itu menatap aku dengan penuh senyum, lalu dia berkata “makacih tante”, sambil melambaikan tangannya.

Subhanalloh, anak sekecil itu telah menjadi mata buat ibunya. Mudah-mudahan anak itu menjadi anak yang sholehah. Aku merasa kecil dibandingkan mereka, mereka menghadapi hidup dengan penuh senyum, sedangkan aku yang diberi kesempurnaan masih saja sering mengeluh.

Ya Alloh, nikmatMu yang mana lagi, yang hendak aku dustakan..Astagfirullah…
Alhamdulillah ya Alloh atas semua yang telah Engkau berikan untuk aku.

Leave a Reply

