Maag..oh..maag

Setiap penyakit ini kambuh, itu sangat tidak enak sekali, dan lagi-lagi dokter bilang karena stress. Huff. Gejala-gejalanya yaitu lambung perih, kembung, asam lambung naik ke mulut hingga terasa asam, mual, bahkan terkadang sampai muntah. Kata dokter, gejala ini terjadi karena ketidakseimbangan asam lambung. Yup, penyakitku ini adalah MAAG.

Mengapa bisa sampai seperti itu, ada beberapa hal yang menyebabkannya, antara lain :

– Stress, karena stress menyebabkan perubahan hormonal sedemikian rupa di dalam tubuh kita yang selanjutnya akan merangsang sel-sel di dalam lambung memproduksi asam dalam jumlah berlebihan.

– Makan tidak teratur, Sebagaimana kita ketahui lambung memang memproduksi asam, yang disebut asam lambung, yang sangat diperlukan untuk membantu pencernaan. Tanpa asam lambung, makanan yang kita makan tidak dapat tercerna dengan baik, sehingga zat-zat gizi tidak dapat diserap secara optimal oleh tubuh. Jadi asam lambung dalam jumlah seimbang memang diperlukan tubuh, tetapi jika berlebihan akan menimbulkan penyakit. Produksi asam lambung biasanya meningkat pada saat tubuh memerlukannya, yaitu ketika kita makan. Sebaliknya pada saat kita tidak memerlukannya produksi asam lambung akan menurun kembali.

Yang dapat menyembuhkan sakit maag adalah jika dapat mengatur agar produksi asam lambung terkontrol kembali sehingga tidak berlebihan, yaitu dengan menghilangkan stres dan makan dengan teratur.

Untuk menjaga pola makan teratur dan menghindari stress, ada baiknya jika berlatih berpuasa. Dengan berpuasa maka diri kita akan berlatih untuk tenang, sabar dan ikhlas dan itu akan menyebabkan stres hilang, selain itu pola makan pun lebih teratur asal menjaga makanan yang diasup saat sahur dan berbuka.

Berikut beberapa asupan makanan yang perlu dihindari para penderita sakit maag yaitu :
1. Makanan yang banyak mengandung gas, antara lain sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, minuman bersoda.
2. Makanan yang sulit dicerna, yang akan memperlambat pengosongan lambung antara lain kue tart dan keju.
3. Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung berlebih antara lain kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah sitrus, susu full cream.
4. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, antara lain cuka, berbumbu pedas, makanan mengandung merica.
5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan antara lain alkohol, coklat, gorengan.
6. Sumber karbohidrat, seperti beras ketan, mie, bihun, ubi singkong, talas, atau dodol.

Sangat berat menerapkan asupan makanan yang dihindari ini terutama untuk poin 4, tapi harus dicoba, walau tidak akan pernah bisa meninggalkan hobi yang satu ini, tapi setidaknya akan berusaha dikurangi.

6 thoughts on “Maag..oh..maag

  1. Dear Winda,
    Hal yg sama prnh sy alami, selain faktor pekerjaan, telat makan biasanya jg krn pikiran yg tanpa disadari apa yg sdg dipikirkan…mdh2an Winda bisa menceritakan hal2 yg sdg dipikirkan sm org yg sangat di sayangi spt, ortu, saudara, atau sahabat…tentu sj makan yg teratur serta hindari makanan yg menyebabkan sakit maag…klpun kepingin, makan saat sdg sehat cm seperlunya sj…

  2. wach sma kya’ quwh tuh..
    gymn ea mang suLit ngatasIn xang satu nie..
    za Allah m0ga kita sLalu d jaga kesehatan jasmani n r0hanie.a ea…
    Amieen….
    n m0ga bisa smbuh..

  3. waduch cma kya’ saiiia..
    phiee m0ga2 kita cmua cLalu d beri kesehatan jasmanie n r0haniee ea..
    amieeen ya Allah…!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s