Menyikapi Kritikan

Saat menerima kritikan pada awalnya agak menyakitkan atau menjengkelkan. Tetapi jika menerima hal itu bagaimana harus bersikap? Kritikan dalah penilaian langsung seseorang terhadap diri, karya, tingkah laku kita. Maka sebaiknya kritikan kita terima dengan sabar dan berjiwa besar. Kita memang mahluk Tuhan yang tidak sempurna, wajar jika kita mempunyai banyak kekurangan dan wajar pula orang lain akan menilai kita. Tidak semua orng setuju dengan sikap atau karya kita, tapi itu bukan berarti bahwa diri atau karya kita ini jelek. Jadi bagaimana caranya menyikapi kritikan dari orang lain :

–        Jadikan kritikan sebagai satu masukan buat kita untuk bisa lebih baik, kita intropeksi diri untuk bisa lebih baik lagi.

–        Berjiwa besar pada setiap masukkan dan cari teman untuk mengkoreksi kesalahan.

–        Bersikap terbuka dengan segala kritik, dengarkan dan renungkan, jadilah pendengar yang baik.

–        Bersyukur bahwa masih ada orang yang memberikan saran kepada kita karena itu berarti kita masih diperhatikan walau mungkin kritikan itu sangat pedas menurut kita, tetaplah tersenyum.

–      Interospeksi diri menjadi cara terbaik dalam menyikapi kritikan. Usahakan kita jujur pada diri sendiri. Apakah benar yang dikatakan oleh pengkritik tersebut? Janganlah berbalik menyalahkan pengkritik lantaran tidak terima dengan kritik yang dilontarkan.

–        Hasil dari evaluasi tersebut nantinya akan sangat berguna untuk perbaikan diri. Jadikan kekurangan sebagai sisi yang harus kita tingkatkan. Selanjutnya, hal yang sudah benar dilakukan di masa lampau, hendaknya dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan karena tanpa ridho-Nya perubahan tidak akan terjadi pada diri kita.

Bandung, 25-02-2010

Buat Aa, Mas Nanto dan Dony..makasih atas semua kritikan dan masukkannya, insyaalloh bermanfaat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s